Tugu Pal Putih Jogja
Travel

Tugu Pal Putih Jogja

Apa yang terlintas dalam pikiran Anda ketika mendengar Daerah Istimewa Yogyakarta? Yogyakarta merupakan daerah istimewa setingkat provinsi di Indonesia yang merupakan peleburan Negara Kesultanan Yogyakarta dan Negara Kadipaten Paku Alaman. Daerah istimewa Yogyakarta terletak dibagian selatan Pulau Jawa, dan berbatasan langsung dengan Provinsi Jawa Tengah dan Samudera Hindia. Ketika Anda berkunjung ke Yogyakarta, kurang lengkap rasanya bila tak menjadikan wisata sejarah sebagai salah satu destinasi wisata tujuan Anda. Terdapat tempat rekomendasi untuk Anda yang ingin berwisata sejarah di kota Yogyakarta, yaitu tempat wisata Tugu Pal Putih.

Tugu Pal Putih menjadi tempat favorit yang banyak dikunjungi wisatawan lokal maupun wisatawan luar negeri. Tugu yang berusia kurang lebih 300 tahun ini menggambarkan Manunggaling Kawula Gusti, semangat persatuan rakyat, dan penguasa untuk melawan penjajah ini sering diabadikan oleh para wisatawan dalam bentuk foto.

Sejarah Tugu Pal Putih

Tugu Yogyakarta atau lebih dikenal dengan Tugu Pal Putih merupakan penanda batas utara kota tua Yogya. Tugu Pal Putih dibangun pada tahun 1755 oleh Sri Sultan Hamengku Buwono I, beliau adalah pendiri Kraton Yogyakarta. Tugu Pal Putih merupakan tugu yang sangat bersejarah dan tugu ini juga memiliki mitos dan sejuta misteri di dalamnya. Keberadaan tugu ini juga sebagai patokan arah ketika Sri Sultan Hamengku Buwono I pada waktu itu melakukan meditasi, yang menghadap puncak gunung merapi.

Bangunan Tugu Pal Putih saat pertama kali dibangun berbentuk tiang silinder yang mengerucut ke atas, sementara pada bagian dasarnya berupa pagar yang melingkar, sedangkan bagian pada puncaknya berbentuk bulat. Pada saat itu ketinggian Tugu Pel Putih ini mencapai 25 meter. Kemudian pada tanggal 1867, dilakukan perubahan pada tugu yang saat itu runtuh dikarenakan gempa besar yang menyerang Yogyakarta.

Dan pada tahun 1889, pemerintah Belanda merenovasi seluruh bagian Tugu Pal Putih. Saat itu tugu dibuat dengan bentuk persegi yang tiap sisinya dihiasi prasasti yang menunjukkan siapa saja yang terlibat dalam renovasi itu. Puncak tugu pun tak lagi bulat seperti awal, tetapi berbentuk kerucut yang runcing. Tinggi tugu saat itu hanya kurang lebih 15 meter atau 10 meter lebih rendah dari bangunan semula. Perombakan bangunan itu sebenarnya merupakan taktik Belanda untuk mengikis persatuan antara rakyat dan raja. Namun, melihat perjuangan rakyat dan raja yang berlangsung sesudahnya membuktikan bahwa usaha pihak Belanda itu sia-sia belaka. Dan mulai saat itu bangunan itu diberi nama De Witt Pal atau Tugu Pal Putih.

Tugu Pal Putih, Ikon Kota Yogyakarta

Begitu identiknya Tugu Pal Putih di Kota Yogyakarta, terkadang para mahasiswa yang sedang belajar disana berkunjung ke tempat ini. Ada yang sekedar menikmati keindahan Tugu Pal Putih, ada juga yang mengabadikannya lewat kamera. Bahkan tidak sedikit juga mahasiswa perantau yang telah lulus pergi ke Tugu Pal Putih untuk memeluk dan mencium tugu tersebut.

Jika Anda ingin kesana disarankan untuk datang pada pukul 05.00 WIB pagi sampai pukul 06.00 WIB pagi karena merupakan waktu yang tepat dimana udara masih terasa segar dan pada waktu itu belum banyak pengendara motor yang lalu lalang. Jika datang pada siang hari, Anda akan kesulitan mendekatinya karena arus lalu lintas yang sangat ramai, lain halnya bila kita sempatkan waktu pada dini hari ataupun malam hari untuk mengamati lebih dekat akan cukup jelas karena akan diterangi dengan lampu yang cukup terang. Sesekali mungkin Anda akan mendapatkan senyum ramah loper koran yang hendak menuju kantor sirkulasi harian kedaulatan rakyat. Selain ada bangku yang disediakan di taman yang berada di Jalan Pangeran Mangkabumi, Anda juga bisa menemukan pertokoan, pos penjagaan polisi, tukang nasi gudeg, dan juga becak yang biasa berhenti di sekitar jalur parkir kendaraan.

Sebagai wisata malam, bukan hanya para mahasiswa yang sering berfoto di tempat ini, banyak juga wisatawan yang berfoto dengan background Tugu tersebut. Ada juga yang mengabadikannya sebagai foto prewedding dengan konsep Kejawen yaitu menggunakan lurik serta becak yang masih ada di kota ini.

Sambil menikmati indahnya Tugu Pal Putih ini, Anda juga bisa mencoba menyantap makanan angkringan KR yang lokasinya tidak jauh dari kawasan Tugu Pal Putih. Selain angkringan, Anda juga bisa mencoba bagaimana sensasi dari menikmati Kopi Joss yang menjadi minuman kopi dari arang panas.

Lokasi Tugu Pal Putih

Tugu Pal Putih sangat mudah diakses karena terletak di perempatan Jalan P. Mangkubumi, AM Sangaji, Jalan Jendral Sudirman, dan Jalan Diponegoro. Wisata Tugu Pal Putih bisa ditempuh dengan kendaraan umum dan kendaraan pribadi. Anda bisa memilih bis kota yang melewati Tugu Pal Putih.

Harga Tiket

Untuk Anda yang ingin berkunjung ke Tugu Pal Putih, tidak dikenakan biaya sama sekali karena letaknya yang berada pada public area jadi siapa saja boleh melihat atau menyentuh tugu tersebut. Wah, Anda bisa menikmati indahnya Tugu Pal Putih dengan gratis tanpa dipungut biaya apapun, wisata sejarah ini memang sangat cocok masuk list destinasi Anda. Bila Anda ingin memandang Tugu Pal Putih sepuasnya sambil mengenang sejarah dan makna filosofisnya, tersedia bangku yang menghadap ke tugu di pojok Jalan Pangeran Mangkubumi.

Dari kota yang istimewa ini, apakah Anda tertarik untuk berwisata ke Jogja dan sekitarnya? Atau Anda ingin mengeksplore wisata yang ada di Kota Yogyakarta tapi tidak mau repot? Anda bisa mencoba paket tour wisata Jogja yang bisa Anda akses di website Kartanesia tour.

Disana tersedia berbagai macam paket yang bisa Anda pilih sesuai dengan budget liburan Anda. Banyak orang berpikir jika berlibur menggunakan paket wisata akan menambah biaya. Padahal kenyataannya dengan Anda menggunakan paket wisata, Anda akan lebih menghemat biaya karena biaya transportasi bisa dibagi dengan 40-50 orang dalam sekali berangkat.

Dengan paket wisata jogja murah ini, waktu Anda juga akan lebih efektif sehingga Anda tidak akan kehabisan waktu untuk mengunjungi objek wisata lainnya. Anda juga sudah di fasilitasi dengan penginapan untuk Anda bermalam dan beristirahat. Berikut beberapa paket yang bisa Anda nikmati.

  • One Day Pack: Rp. 173.000,-
  • 2 Day 1 Night Pack: Rp. 830.000,-
  • 3 Day 2 Night Pack: Rp. 1.390.000,-
  • 4 Day 3 Night Pack: Rp. 2.000.000,-
  • 5 Day 4 Night Pack: Rp. 2.500.000,-
  • Honeymoon Pack: Rp. 3.500.000,-

Selain menyediakan paket wisata, Kartanesia tour juga menyediakan jasa sewa mobil di jogja dengan berbagai macam pilihan dari mulai mobil Innova Reborn, sampai Toyota Alphard tersedia disana. Berikut daftar mobil yang bisa Anda pilih.

  • Toyota Alphard: Rp. 2000.000,-
  • Innova Reborn: Rp. 575.000,-
  • Grand New Avanza: Rp. 275.000,-
  • Fortuner VRZ: Rp. 1.500.000,-
  • Toyota Camry: Rp. 1.750.000,-
  • Honda Jazz: Rp. 375.000,-

Dan masih banyak lagi tipe mobil yang bisa Anda sewa sesuai dengan budget liburanmu. Tertarik mencoba?

Title : Tugu Pal Putih Jogja

You might also like