Contoh Usaha Kecil-kecilan
Bisnis

Contoh Usaha Kecil-kecilan

Contoh usaha kecil-kecilan yang akhirnya sukses sudah banyak sekali. Kenyataan ini membuktikan jika memulai bisnis tidak harus memiliki modal besar. Memulai usaha menggunakan modal yang kecil menjadi cara untuk belajar sambil menyiapkan mental untuk bisa mengelola usaha yang besar.

Misalnya usaha dengan modal Rp. 1.000.000, bukan hanya mudah untuk mengumpulkan modal tetapi resikonya juga sangat kecil. Berikut ini beberapa contoh usaha modal kecil yang bisa Anda terapkan untuk menambah pundi-pundi pemasukan.

10 Contoh Usaha Kecil-kecilan yang Bagus

1. Buka Konter Pulsa di Rumah

Konter Pulsa

Contoh usaha kecil rumahan satu ini dinilai bisa memberikan keuntungan jangka panjang. Hal ini dikarenakan tingginya kebutuhan masyarakat untuk menggunakan pulsa. Membuka konter pulsa pasti ada pembelinya, terlebih jika Anda rajin melakukan iklan serta rumah Anda berada di tempat yang memang strategis.

Tetangga yang lewat depan rumah bisa menjadi target konsumen pertama. Lebih mudahnya lagi jualan pulsa tidak harus memiliki etalase toko, cukup dengan memberikan papan penanda di depan rumah. Mengenai modalnya juga lumayan terjangkau, hanya dengan modal Rp. 1.000.000 saja maka bisnis konter sudah bisa berjalan.

2. Menjual Sayuran di Depan Rumah

Jual Sayuran

Jika Anda sudah berumah tangga, jualan sayur bisa menjadi alternatif yang pas untuk menambah pundi-pundi pemasukan. Aktivitas membeli barang kebutuhan sehari-hari bisa menjadi langkah strategis memulai bisnis. Anda bisa berbelanja kebutuhan dapur dalam jumlah yang lebih banyak, kemudian dijual lagi.

Modal yang dibutuhkan juga tidak terlalu besar, hanya dengan uang sebesar Rp.1.000.000 Anda sudah bisa membeli berbagai syur dan juga bumbu untuk dijual. Keuntungan yang didapatkan juga lumayan besar serta sistem bisnisnya juga cukup mudah.

3. Buka Laundry

Laundry

Contoh usaha kecil menengah selanjutnya ini bisa juga dilakukan oleh Anda yang bekerja di kantor. Untuk memulai usaha laundry dibutuhkan modal kurang lebih Rp. 7.500.000 sampai Rp. 10.00.000. Modal tersebut bisa Anda gunakan untuk membeli mesin cuci dan beberapa kebutuhan lainnya.

Di tengah aktivitas yang semakin padat, membuka usaha laundry berpotensi mendapatkan keuntungan yang besar. Untuk menjalankan bisnis ini Anda bisa mempekerjakan satu atau dua orang dengan besaran gaji sekitar Rp.800.000 – Rp. 1.000.000.

4. Jualan Sarapan di Teras Rumah

Jual Sarapan

Jualan sarapan juga menjadi bisnis yang berpotensi menambah ladang penghasilan. Terlebih tidak dibutuhkan tempat untuk memulai usaha, teras depan rumah bisa Anda manfaatkan untuk membuka lapak. Jenis menu yang biasa dijual juga cukup mudah dibuat, seperti nasi uduk dan lontong sayur.

Yang menjadi pekerjaan rumah adalah bisa atau tidak membuat menu yang lezat. Jualan makanan akan cepat naik jika rasanya enak dan harganya masuk akal. Ketika kedua hal tersebut sudah Anda miliki konsumen akan sukarela merekomendasikan jualan Anda.

5. Membuka Jasa Pesanan Kue

Jasa Pesanan Kue

Di momen-momen tertentu kue seringkali menjadi satu jenis makanan yang wajib ada. Anda bisa memanfaatkan peluang ini untuk menerima pesanan kue. Beberapa jenis kue seperti kue kering, kue basah menjadi makanan dengan penggemar yang sangat tinggi.

Terlebih jika Anda bisa melakukan kreasi dengan membuat tampilan kue yang lebih menarik. Target market untuk jajanan satu ini juga cukup luas. Mengenai modalnya, juga tidak terlalu besar. Anda bisa menyesuaikan jumlah modal dengan pesanan yang siap Anda terima.

6. Membuka Jasa Desain Grafis

Jasa Desain Grafis

Contoh usaha kecil-kecilan yang bisa Anda terapkan akhir-akhir ini salah satunya jasa desain grafis. Beberapa jenis desain seperti pembuatan logo, poster, maskot dan kaos masih memiliki target yang sangat luas. Anda bisa mulai menjual keahlian dengan memanfaatkan media sosial.

Upload portofolio mengenai karya yang pernah Anda buat di sosial media dan mulai lakukan promosi kecil-kecil. Usaha ini tidak membutuhkan modal yang besar dan bisa Anda kerjakan dimana saja. Bisa dikatakan hanya butuh laptop dan koneksi internet yang lancar untuk mengerjakan orderan desain.

7. Jasa Penerjemah

Jasa Penerjemah

Jika Anda mahir bahasa asing, membuka jasa penerjemah bisa menjadi langkah tepat menambah penghasilan. Anda bisa menjadi penerjemah buku, jurnal maupun artikel-artikel ringan. Terlebih tingkat kemahiran bahasa asing masyarakat yang masih rendah sehingga usaha ini bisa menghasilkan peluang bisnis yang menjanjikan.

Selain mencari konsumen secara langsung, Anda juga bisa melakukan kerjasama dengan beberapa penerbit untuk menerjemahkan buku-buku asing. Besaran modal untuk memulai usaha ini juga tidak besar. Kuncinya Anda bisa membangun komunikasi dengan baik dengan beberapa pihak.

8. Membuka Les Privat

Les Privat

Contoh usaha kecil-kecilan di rumah selanjutnya ini sangat pas jika Anda memiliki soft skill yang mumpuni. Misalnya Anda mahir bermain musik, berbahasa dan beberapa kemampuan lain di atas rata-rata. Bisa Anda manfaatkan untuk membuka les privat di rumah.

Anda bisa memulai dengan melakukan promosi di sosial media atau di orang-orang terdekat Anda. Dengan membuka les privat, bukan hanya menambah pundi-pundi pemasukan saja. Lebih dari itu skill Anda juga terus terasah dengan baik. Yang terpenting, Anda tidak membutuhkan modal besar untuk memulai les privat.

10. Membuka Cucian Motor

Cucian Motor

Melansir dari beberapa data di internet, tahun 2020 ini pengguna motor di Indonesia mengalami jumlah peningkatan mencapai 81,5 persen. Dengan peningkatan yang sangat signifikan, membuka jasa pencucian motor merupakan peluang besar untuk meningkatkan penghasilan.

Perlengkapan yang dibutuhkan juga sangat sederhana, hanya pompa air, semir ban, shampo motor dan kain lap. Kalkulasi modal yang dibutuhkan juga masih tergolong rendah yaitu sebesar Rp. 2.000.000. Jika Anda memiliki kesibukan lain, Anda bisa mempekerjakan orang lain sehingga membuka peluang rezeki juga.

Cukup banyak bukan contoh bisnis modal kecil? Segera ambil peluang selagi kesempatan masih ada. Selamat mencoba.

Sumber artikel: https://fakta.co.id

Title : Contoh Usaha Kecil-kecilan

You might also like