Belajar SEO Youtube
SEO

Belajar SEO Youtube

Istilah optimasi SEO kini tidak hanya diaplikasikan pada website. Optimasi tersebut juga sudah mulai populer di kalangan Youtuber. Hal tersebut karena, Youtube menjadi mesin pencari kedua setelah Google. Meski begitu, arti SEO Youtube pada dasarnya masih sama dan beberapa optimasinya pun tidak jauh berbeda dari website.

Sistem SEO di Youtube terbilang cukup baru. Tujuannya agar pemilik kanal di platform tersebut bisa meningkatkan kemungkinan menduduki peringkat teratas pada hasil pencarian. Nah, untuk Anda yang sedang belajar, berikut kunci utama SEO yang paling mendasar dan wajib diperhatikan:

Langkah Awal Belajar SEO Youtube yang Benar

1. Belajar Melakukan Riset Kata Kunci atau Keyword

Mencari kata kunci adalah langkah awal sebelum Anda memposting konten. Teknik ini sama dengan SEO untuk Google. Karena, mesin pencari pasti membutuhkan sebuah kata kunci. Silahkan Anda pilih kata kunci yang tepat untuk konten video di Youtube.

Masing-masing kata kunci memiliki tingkat persaingan yang berbeda-beda. Ada tingkat persaingan yang rendah, ada juga yang tinggi. Selain itu, Anda juga harus memperhatikan kata kunci yang sesuai dengan niche video yang dibuat.

Contohnya, Anda membuat video cara memasak nasi goreng. Nah, silahkan cari keyword serupa namun yang paling banyak dicari. Misalnya, resep nasi goreng mudah dan lezat, resep nasi goreng rumahan, dan lainnya.

Cara riset keyword Youtube bisa menggunakan beberapa tools berikut:

  • SEMrush
  • Keywordtool.io
  • Keywords Everywhere
  • VidIQ
  • Google Trends
  • Dan lain-lain

2. Perhatikan Kualitas Video

Membuat konten yang berkualitas secara aspek keseluruhan bukan perkara mudah. Namun setidaknya Anda memperhatikan aspek-aspek yang paling mendasar. Contohnya seperti, membuat video dengan format kualitas terbaik sesuai aturan dari Youtube.

Format video yang bagus, akan memanjakan penonton. Nantinya, penonton yang menyaksikannya di resolusi tinggi masih tetap bisa menikmati. Berbeda dengan jenis kualitas video berformat rendah, maka hasilnya akan tampak kurang maksimal.

Selain itu, perhatikan teknik editing maupun pengambilan video. Hal tersebut penting untuk diperhatikan agar Anda mendapatkan banyak subscriber.

Nah, selanjutnya, silahkan pelajari bagaimana cara mengemas sebuah konten agar menarik. Membuat konten yang viral memang cukup sulit. Hal ini perlu dipelajari terus secara konsisten. Tapi, jangan lupa dan mengabaikan hal-hal mendasar terkait kualitas format video, termasuk teknik-teknik pembuatannya.

3. Trik Membuat Judul dan Deskripsi yang SEO Friendly

Mesin pencari akan merayap kata kunci melalui judul konten. Di sinilah optimasi SEO harus benar-benar diperhatikan agar judul konten Anda mudah ditemukan. Dengan begitu, video Anda akan muncul pada hasil pencarian.

Nah, usahakanlah keyword yang sudah Anda riset sebelumnya masuk ke dalam judul konten. Misalnya, keyword yang digunakan adalah “resep nasi goreng”. Kemudian, buat judul dengan contoh seperti berikut: “Resep Nasi Goreng Mudah dan Lezat”, “Cara Membuat Resep Nasi Goreng Restoran ala Rumahan”, dan lainnya.

Selain harus ada pada judul, pastikan juga kata kunci tersebut ada di dalam deskripsi video. Namun, jangan asal memasukkan keyword pada deskripsi. Dua hingga tiga baris pertama deskripsi yang dibuat, sangat menentukan dalam peringkat mesin pencari. Masukkan kata kunci secara natural pada deskripsi.

Sederhananya, jangan memaksakan kata kunci masuk ke dalam kalimat. Lakukan se-natural mungkin dan enak dibaca.

Selain itu, pastikan juga Anda membuat deskripsi yang tidak terlalu panjang. Namun, jelaskanlah secara detail secara garis besar tentang topik yang ada di dalam konten. Buatlah secara singkat namun padat.

4. Perhatikan Durasi Video

Dalam pembuatan video, pastikan Anda memperhatikan durasinya. Jangan terlalu pendek saat membuatnya. Durasi minimum untuk satu video adalah 5 menit. Anda bisa membuatnya hingga mencapai 30 menit, atau bahkan lebih. Dengan catatan, isi video tidak berbelit-belit dan membuat penonton betah melihatnya.

Durasi video yang panjang dinilai lebih berbobot. Umumnya pengunjung juga sangat suka dengan jenis video berdurasi panjang. Sebaliknya, video yang singkat, biasanya sering dinilai sebagai clickbait.

Selain video musik, atau trailer, umumnya video berbobot yang diunggah memiliki durasi lebih dari 5 menit. Silahkan Anda cek sendiri. Misalnya pada saat mencari video dengan kata kunci “resep kue bolu”, hasil 5 teratas menunjukkan video berdurasi lebih dari 5 menit.

Namun, jangan secara sengaja Anda menambah-nambah konten hanya demi durasi panjang. Artinya, panjang durasi harus sesuai dengan isi informasi yang ingin disampaikan. Jangan sampai isinya melenceng hanya demi memanjangkan durasi video.

5. Membuat Thumbnails yang Menarik

Nah, ini yang paling sederhana tapi sangat powerfull. Thumbnails bisa menarik minat audiens untuk menonton video Anda. Silahkan Anda cek, kebanyakan Youtuber ternama selalu menggunakan thumbnails di setiap kontennya.

Thumbnails tidak berdampak pada jumlah views di channel Youtube secara langsung. Namun, optimasi ini mampu mempengaruhi penonton agar mau membuka video Anda.

Untuk membuat thumbnails memang dibutuhkan sedikit keahlian. Karena, Anda harus pandai mengedit gambar semenarik mungkin.

Misalnya, Anda akan membuat video memasak ayam goreng. Nah, buatlah thumbnails dari gambar hasil ayam goreng Anda. Kemudian, edit gambar tersebut menggunakan aplikasi editing baik di smartphone maupun PC.

Silahkan masukkan judul pada gambar menggunakan aplikasi editing dengan menambahkan tulisan. Misalnya, “resep ayam goreng terenak”, dan lainnya. Atau, Anda juga bisa membuat tulisan yang berbeda dari judul, namun masih tetap berkaitan.

Untuk contoh thumbnails, Anda bisa melihat sendiri di channel-channel Youtuber ternama. Atau, contoh lainnya bisa juga Anda lihat sendiri di Google. Silahkan pelajari bagaimana jenis atau pembuatan thumbnails yang menarik untuk Youtube.

Dari penjelasan di atas, kini Anda tidak perlu belajar SEO Youtube pdf yang panjang. Dengan lima langkah dasar di atas, Anda sudah bisa mengoptimasi channel Youtube agar ramah SEO dan mudah ditemukan di hasil pencarian. Selamat mencoba.

Sumber: https://www.masterseo.id

Title : Belajar SEO Youtube

You might also like